Harga Naik? Begini Cara Memberi Tahu Konsumen Anda

StikerGrosir.com — Ada kala nya kita sebagai pelaku usaha harus menaikkan harga jual barang dagangan kita. Banyak faktor memang. Mulai dari harga dollar yang semakin naik. Harga bahan baku yang ikut naik, hingga harga BBM yang tiap tahun naik. Naiknya harga produk tentu saja tidak bisa ditolak lagi.

Lantas bagaimana caranya memberitahu konsumen anda? Konsumen tentu saja tidak mau tahu alasan dibalik naiknya harga. Jadi menjelaskan secara detail alasan-alasan anda cuma akan membuang-buang waktu anda. Sebagai gantinya beritahu konsumen keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan dengan naiknya harga tersebut.

Keuntungan yang konsumen dapatkan tidak cuma soal uang. Keuntungan untuk konsumen dapat berupa diskon untuk pembelian banyak, isi produk yang lebih banyak, produk yang lebih besar, dsb.

Pasti beberapa dari anda sedikit heran bagaimana caranya menaikkan harga tapi harus memberi keuntungan kepada konsumen dengan menambah ukuran produk anda? Menaikkan harga tapi produk yang lebih besar bukankah sama saja?

Di sini lah otak pengusaha anda di uji. Anda dituntut untuk berpikir kreatif. Di satu sisi anda harus menaikkan harga agar tidak rugi. Tapi di sisi lain ukuran produk anda harus lebih besar untuk mempertahankan loyalitas konsumen anda.

Cara memberi keuntungan tambahan bagi konsumen tentu saja tidak melulu soal menambah ukuran produk anda. Ada banyak cara. Cukup pastikan konsumen anda mendapat keuntungan tambahan. Jadi harga naik, tapi konsumen tetap merasa untung.

Menaikkan harga tidak boleh terlalu kaku. Anda juga harus lebih flexibel. Terutama kepada konsumen lama anda. Secara arogan menaikkan harga kepada konsumen lama hanya akan berakibat buruk. Tetap tawarkan harga baru anda, tapi tawarkan juga harga lama anda dengan syarat pembelian produk yang lebih banyak.

Anda juga dapat menawarkan produk anda dengan sistem paket. Paket kecil dengan harga baru dan paket besar dengan harga lama. Kedua cara tersebut tidak jauh berbeda dengan memberi diskon. Tapi dengan cara tersebut konsumen anda melihat sebagai keuntungan buat mereka. Jadi mereka tidak akan merasa terlalu berat dengan naikknya harga produk anda. Toh, banyak keuntungan tambahan yang bisa didapatkan, begitu pikir mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s