Pentingnya Kemasan Produk

StikerGrosir.com —  Apa pentingnya kemasan produk? Secara umum kegunaan dari kemasan produk adalah untuk: Melindungi, Mengawetkan, Memindahkan, Menginformasikan dan Menjual.

Terdapat dua jenis tipe perlindungan yang diberikan kemasan sebuah produk. Untuk perlindungan internal dan perlindungan external.

Perlindungan internal

Kemasan menciptakan perlindungan dari oksigen, uap air dan debu. Hal ini sangat penting terutama kemasan produk untuk obat-obatan. Terkadang dalam kemasan obat-obatan disertakan penghilang kelembaban dan debu yang dapat membantu produk lebih tahan lama. Atau dapat juga membuat kemasan kedap udara sehingga produk lebih tahan lama.

Perlindungan external

Saat produk didistribusikan terkadang terdapat hal-hal yang dapat mengganggu produk tersebut, seperti: tekanan, getaran, suhu, dll. Untuk itulah kemasan dibuat. Kemasan harus dapat melindungi produk di dalamnya.

Selain melindungi isi dari kerusakan, kemasan juga melindungi produk dengan cara lain. Kemasan memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah orang lain iseng merusak produk.

Membuat kemasan yang tidak gampang ditiru juga sangat penting. Sebagai contoh adalah tutup galon aqua. Setelah marak peredaran air galon aqua palsu, aqua mulai mengembangkan tutup galon yang tidak mudah ditiru oleh pihak lain. Sehingga selain melindungi isi dari produk, kemasan juga dapat melindungi nilai jual dari produk tersebut.

Apa jadi nya jika aqua tidak memodifikasi kemasannya? Lama-kelamaan konsumen mulai meninggalkan produk tersebut karena konsumen tidak tahu apakah produk yang dijual di pasaran asli atau tidak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s